Selasa, 12 Januari 2016

SEKILAS TENTANG ALKOHOL DENAT PADA PARFUME FEDERICO MAHORA

Sering kali bagi yang berkecimpung dalam bisnis parfum Federico Mahora mendapat pertanyaan, Apakah Alkohol Denat pada parfum FM Halal? Sebelum lebih jauh membahas hal tersebut ada baiknya kita ulas secara lebih mendalam. Parfum beralkohol haram dan tanpa alkohol halal? Belum tentu, Malah bisa sebaliknya. Berikut ulasannya:
1. Kita kerap meributkan kehalalan alkohol pada parfum yang menurut LPPOM MUI boleh digunakan. Padahal diluar alkohol, masih banyak bahan penyusun parfum. Nah, bahan parfum inilah, baik yang berasal dari alam maupun sintetik memiliki kemungkinan mengandung bahan non-halal. Tak hanya itu, titik rawan kehalalan parfum berasal dari proses pembuatan parfum itu sendiri. Salah satu bahan yang kerap ada dalam produk ini yakni sejenis lemak yang diperoleh dari hewan musang atau civet.
Civet memberikan kesan tertentu pada parfum, dan menghasilkan nuansa maskulin. Sebagai bahan lemak hewan, masih harus dikaji lebih lanjut apakah hewan ini halal atau tidak. Pun cara memperolehnya apakah disembelih secara syar'i ataukah tidak (sumber: republika.co.id). Kecuali parfum non-alkohol anda sudah disertifikasi oleh BPOM, atau belum disertifikasi tapi anda tahu persis proses pembuatan dan bahannya halal, jadi jangan sembarang membeli.

2. Kini, industri parfum dan kosmetik dunia telah mengakomodir kebutuhan umat Islam. Perusahaan kelas dunia seperti FM dan lainnya telah menggunakan alkohol DENAT, yaitu alkohol (etanol) yang telah mengalami proses denaturasi. Denaturasi merupakan proses penambahan zat lain pada etanol untuk menghilangkan sifatnya yang memabukkan, sehingga tidak akan disalahgunakan sebagai minuman, melainkan hanya untuk pemakaian luar saja. Karena sifat memabukkan dari etanol ini telah dihilangkan, maka alkohol denat tidak lagi termasuk dalam golongan khamr.

Berdasar artikel di harian Republika (sumber: republika.co.id) LPPOM MUI menjelaskan, alkohol berfungsi sebagai pelarut bahan-bahan esensial yang menghasilkan aroma tertentu. Banyak sekali bahan aroma parfum yang tidak larut di dalam air, tetapi hanya larut di dalam alkohol.
Oleh karena itu, alkohol merupakan salah satu alternatif terbaik dalam melarutkan bahan-bahan tersebut. Meski demikian, sambung LPPOM MUI, sejatinya antara alkohol maupun minuman beralkohol atau khamar, tidaklah serupa. Alkohol atau disebut juga etanol, adalah salah satu senyawa kimia yang bisa berasal dari bermacam bahan, semisal fermentasi khamar, fermentasi non-khamar, tapi juga terdapat secara alamiah dalam buah-buahan matang.
Dengan begitu, alkohol teknis yang digunakan untuk keperluan non-pangan, seperti bahan sanitasi (dalam dunia laboratorium dan kedokteran) masih diperbolehkan. Sementara minuman keras atau khamar adalah suatu istilah untuk jenis minuman yang memabukkan. Di dalam khamar memang mengandung alkohol sebagai salah satu komponen yang bisa menyebabkan mabuk.
Berdasarkan hal diatas kesimpulannya adalah semua bahan yang digunakan dalam parfum Federico Mahora adalah aman, termasuk alkohol denatnya. Alkohol Denatnya pun dibuat dari fermentasi buah atau gandum dengan ragi. Jadi, gak perlu ragu lagi ya, kegunaan alkohol di parfum hanya supaya parfum dapat disemprotkan ke tubuh dan segera menguap sesaat berada di kulit kita. Coba sesekali kita buktikan jika kita membeli parfum, lihat kemasannya, jika yang terkandung Alkohol Denat saya anjurkan untuk membeli karena Aman, akan tetapi jika yang terkandung adalah ethanol/methanol sebaiknya anda pertimbangkan lagi untuk membelinya.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com